Halaman

Rabu, 27 Juni 2012

Resep kesukaan papi Max

SUP KRIM TOMAT PEDAS

Ini resep rekaanku yang sangat disukai papi Max. Sup yang dibuat dari buah tomat segar, dengan tekstur yang creamy, nikmat disantap sore hari, apalagi dalam cuaca dingin karena hujan, atau yang sedang flu, pasti langsung hangat di badan.
Awalnya aku suka banget dengan salah satu jenis mie instan rasa Sup Tomat Pedas, tapi karena kalau makan mie instan terus itu nggak baik, jadi aku coba-coba meracik sup tomat sendiri, ternyata hasilnya sangat enak & suamiku juga sangat menyukainya. (eh, enak dink... klo sangat enak nanti dikira lebay bin alay, hahahahaha...)
Meskipun namanya menggunakan kata 'krim', sup ini tidak menggunakan cooking cream. hanya karena teksturnya halus & kental aku menyebut sup krim.
Kalau aku membuatkan makanan buat papi Max, requestnya adalah EXTRAAAA PEDASSSSS, hahahahaha...
Jadi, bagi yang ingin mencoba, harap kurangi jumlah cabenya ya, hehehehe...

Bahan-bahan:
3-5 buah tomat merah
2-3 sendok makan pasta tomat
1 buah bawang bombay
200 gram daging
15 butir bakso sapi, iris silang agar mekar saat direbus
200 cc air kaldu
1 sendok teh tepung maizena larutkan dengan air dingin.

Bumbu:
4 siung bawang putih
1 sendok teh lada hitam
1/2 sendok teh pala
1 sendok makan margarine

3 sendok makan kecap ikan
garam secukupnya
1 batang daun bawang, iris tipis.
20 buah cabe, separuhnya dipotong dadu, separuhnya biarkan utuh.

Cara membuat:
1. Rebus daging & bakso bersama air kaldu hingga mendidih. Potong daging seukuran dadu. (Akhir-akhir ini suamiku lebih suka kalau daging diganti dengan sayap ayam, biasanya 5-6 buah sayap ayam).
2. Haluskan lada hitam dan pala, bawang putih dikeprek, masukkan ke dalam rebusan air kaldu. Tambahkan cabai utuh dan cabai yang sudah diiris.
3. Parut tomat, sehingga teksturnya creamy. Gunakan tomat buah yang berwarna merah segar agar hasil akhirnya berwarna cantik. Tomat yang digunakan tergantung ukurannya, kalau besar gunakan 3, kalau kecil bisa gunakan 5 buah.
4. Cincang bawang bombay, tumis hingga harum.
5. Setelah rebusan kaldu mendidih, masukkan krim tomat, bawang bombay, tambahkan pasta tomat untuk memperkuat rasa, kecap ikan dan garam secukupnya. Masak sebentar dengan api kecil.
6. Masukkan larutan tepung maizena untuk mengentalkan
7. Hidangkan dalam mangkuk dan beri taburan daun bawang.


(untuk 3 orang)

catatan:
- kalau suka keju bisa tambahkan keju parut, masak hingga keju meleleh untuk memperkuat kesan creamy-nya, tambahan keju juga membuat sup lebih gurih dan creamy. (tapi buat yang lagi diet nggak usah ya, hehehehe..)
-aku lebih suka mengunakan kecap ikan sebagai pengganti garam, menurutku rasanya lebih lezat tanpa harus menggunakan penyedap rasa.

- bagi yang tidak suka pedas, saat memasak sup tidak perlu menggunakan cabai. Apabila di rumah seleranya berbeda-beda, siapkan sambal rebus, sehingga bisa ditambahkan sesuai selera.
(kalau papi Max sih, cabai 20 aja dibilang nggak pedas, hehehehe..) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar